Mengenal AirBnB dan Cara Menggunakannya

Spread the love

Pernah membaca atau mendengar istilah AirBnB? Bisa jadi, kita mengetahuinya dari bacaan, serial atau film luar negeri. Ya, istilah ini adalah sebutan untuk layanan akomodasi dalam bentuk penginapan yang sudah familiar bagi mereka yang erat kaitannya dengan bidang traveling, atau sekedar mencari tempat tinggal baru. Jika di Indonesia kita lebih akrab dengan nama-nama seperti Traveloka, penggunaan AirBnB sebenarnya sudah lebih dulu ada dan bahkan mencakup jangkauan yang tidak kalah luas pula. Apa sajakah fakta tentang AirBnB, serta bagaimana cara memesan penginapan di sana?

Definisi AirBnB

AirBnB adalah layanan berbasis online yang menyajikan akses pada akomodasi dalam bentuk penginapan, mulai dari apartemen hingga rumah, yang lokasinya tersebar di seluruh dunia. Saat seseorang pergi berwisata, atau ketika seseorang membutuhkan sebuah tempat tinggal sementara untuk berbagai keperluannya, mereka dapat memanfaatkan layanan ini. Pemesannya dilakukan menggunakan akses internet.

Perbedaan AirBnB dengan Layanan Lain

Jika berbicara mengenai layanan online yang menyediakan fasilitas penginapan, kita dapat melayangkan pikiran pada nama-nama situs seperti Traveloka, Trivago dan lain sebagainya. Khususnya AirBnB, layanannya sering disamakan atau dibandingkan dengan Traveloka. Nyatanya, keduanya cukup berbeda.

Dari segi layanan, Traveloka dapat dikatakan lebih luas karena menyediakan fasilitas berupa pemesanan tiket perjalanan pula. Di sisi lain, AirBnB berfokus pada layanan pemesanan tempat tinggal. Pilihan tempat tinggalnya pun sedikit berbeda. AirBnB berfokus pada penyewaan tempat-tempat seperti apartemen, villa hingga rumah, dengan catatan tempat yang disewakan adalah milik warga setempat. Layanan ini dapat dihadirkan berkat kerja sama perusahaan dengan warga sekitar untuk berbagi keuntungan dalam hal menyewakan tempat tinggal.

Cara Menggunakan AirBnB

Pada dasarnya, penyewaan tempat tinggal melalui layanan ini dilakukan sebagaimana melakukan pemesanan secara online pada umumnya di era modern ini. Pemesanan dapat dilakukan melalui perangkat apa pun, kapan pun dan di mana pun. Pemesan hanya perlu memasukkan data berupa tanggal check in dan check out, serta memilih lokasi yang dikehendaki.

Lebih lanjut tentang cara pembayarannya, layanan ini juga menyediakan berbagai cara pembayaran untuk setiap kalangan pemesannya, mulai dari kartu kredit prabayar, pasca bayar, hingga PayPal. Jenis pembayaran kartu kreditnya pun bervariasi sesuai jenis yang dimiliki pemesan, mulai dari Visa, MasterCard dan lain sebagainya. Umumnya, pembayaran dilakukan dengan cara memasukkan data mengenai kartu kredit dan pemiliknya. Termasuk pada wilayah Indonesia, layanan ini masih hanya melayani cara pembayaran dengan kartu kredit. Sebagai referensi, sistem pembayaran yang diatur oleh layanan ini adalah pembayaran full di muka, alias tidak menerima DP terlebih dahulu untuk setiap pemesanannya.

Hal Lain tentang AirBnB

  • Apakah layanan ini terpercaya?

Perlu diakui, beberapa kasus penipuan pernah terjadi kaitannya dengan pemesanan melalui layanan ini, sama halnya dengan layanan online lainnya secara umum. Walaupun begitu, kita dapat bertindak waspada dan bijak dengan memerhatikan hal tertentu sebelum menyelesaikan pemesanan. Selain mendasarkan pemilihan tempat inap pada lokasi dan fasilitasnya, terdapat poin-poin penting untuk menghindarkan kita dari penipuan maupun kekecewaan dalam pemesanan.

Sebagai pemesan, kita harus meluangkan waktu untuk mengecek kualitas tempat penginapan, yaitu dapat dilakukan dengan membaca ulasan yang diberikan pemesan lain mengenai pengalaman menginap mereka sebelumnya. Selain ulasan, kita juga dapat menyaring pilihan tempat penginapan dengan mencermati rating atau penilaian yang diberikan oleh para klien sebelumnya. Pada akhirnya, sebaiknya kita tidak tergoda dengan harga. Pastikan harga suatu tempat penginapan sesuai dengan kualitas dan fasilitasnya, baik pada harga rendah maupun harga yang tinggi.

  • Adakah peraturan selama kita menginap?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konsep menginap pada layanan ini adalah dengan memanfaatkan tempat tinggal warga setempat yang disewakan. Apakah itu berarti kita akan tinggal bersama pemilik tempat tinggal? Jawabannya bisa iya dan tidak, tergantung dengan sistem tinggal pemiliknya sendiri. Tempat menginap bisa jadi hanya disewakan dan dapat secara khusus ditempati oleh pengunjung. Maka dari itu, pemberlakuan peraturan lainnya seperti jam malam, sarapan, check in dan check out, serta jumlah minimal dan maksimal pengunjung tergantung pada kondisi sang pemilik tempat itu sendiri.

  • Apakah AirBnB termasuk layanan yang direkomendasikan?

Sejauh ini, layanan penyewaan apartemen, villa dan rumah dari AirBnB di Indonesia sudah cukup mudah ditemui, misalnya di beberapa kota wisata seperti Jakarta, Bandung, Bali, Lombok, dan Yogyakarta. Selain itu, layanan ini tentunya selalu dapat dijadikan alternatif yang tepat bagi wisatawan untuk memperoleh tempat tinggal yang aman, nyaman dan strategis pada daerah-daerah terkait. Menyoal harga, layanan ini menyediakan ragam pilihan tempat tinggal dengan fasilitas yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, murah atau mahalnya harga sewa mengacu pada berbagai aspek termasuk fasilitas yang ditawarkan, serta kondisi budget penyewa itu sendiri. Sebagai referensi, AirBnB mampu menyediakan opsi tempat menginap dengan harga mulai dari 300 ribuan Rupiah.