10 Budaya Indonesia yang Dikenal Seluruh Dunia

Spread the love

Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyaknya budaya yang tersebar di seluruh penjurunya. Keragaman budaya Indonesia ini bahkan dikenal oleh masyarakat dunia karena keunikan dalam jenis dan ritualnya, hingga beberapa kali mendapat pengakuan sebagai sebuah warisan. Apa sajakah budaya kita yang terkenal ke seluruh dunia?

Budaya Indonesia yang Terkenal di Dunia

Beberapa budaya di bawah ini adalah budaya yang cukup dikenal oleh masyarakat secara global. Yuk langsung bahas apa saja budaya-budaya tersebut.

  • Angklung

Angklung dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia pada tahun 2011. Angklung sendiri adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat yang tidak hanya dimainkan di berbagai kesempatan di Tanah Air, tetapi juga dibawa ke kancah internasional.

  • Keris

Kali ini, senjata tradisional khas Jawa Tengah yang dinobatkan UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2005. Selain digunakan oleh masyarakat lokal sebagai senjata, nyatanya keris dipercaya memiliki kekuatan magis dan didapuk sebagai senjata yang dituakan. Keris sendiri telah ada di Indonesia sejak abad ke-9 dengan bahan dasar logam, serta kayu, tulang atau tanduk hewan untuk gagangnya.

  • Wayang

Wayang adalah salah satu budaya Indonesia yang tersohor ke seluruh dunia. Bahkan, UNESCO telah menetapkan Wayang sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia pada tahun 2003 lalu. Dari sini, Wayang makin dikenal banyak orang, di samping pertunjukannya yang memang sudah sering dilakukan di berbagai tempat. Wayang sendiri adalah seni pertunjukan dengan cerita tertentu yang diperankan oleh lakon-lakon seperti Bagong, Gareng, Petruk, dan Semar.

  • Tari Saman

Tari Saman adalah tari tradisional khas Aceh. Pada tahun 2011, tari ini juga diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda yang memerlukan perlindungan. Tari Saman tentu tidak hanya memukau masyarakat Tanah Air, tetapi juga masyarakat global. Tari Saman menampilkan gerak tepuk tangan yang tersinkronisasi dengan gerakan minimalis menggeserkan posisi duduk para penarinya. Dalam pertunjukannya, Tari Saman menggunakan syair dalam bahasa Arab dan Aceh.

  • Tari Kecak

Jenis tari lainnya yang terkenal hingga ke luar negeri adalah Tari Kecak. Tarian ini berasal dari Bali, yang memang sudah dikenal sebagai tempat tersohor di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Tari Kecak dibawakan secara massal dan menampilkan unsur drama di dalamnya, misalnya mempertunjukkan seni peran antara Rama dan Sinta. Selain sebagai pertunjukan hiburan, tari ini masih digunakan sebagai salah satu bentuk ritual oleh penganut agama Hindu di Bali.

  • Tari Pendet

Tidak hanya Tari Kecak, satu lagi tarian khas Bali yang mampu mendunia adalah Tari Pendet. Awalnya, tarian ini adalah bentuk pemujaan dari rangkaian kegiatan keagamaan di Pura. Seiring dengan berjalannya waktu, Tari Pendet yang berperan sebagai bentuk penyambutan turunnya Dewa ini juga sering ditampilkan sebagai ucapan selamat datang dalam menyambut tamu. Umumnya, Tari Pendet dilakukan oleh penari perempuan.

  • Tari Barong

Konon, Tari Barong dipercaya telah hadir di Bali bahkan sejak zaman pra Hindu. Tarian ini menunjukkan pertarungan sosok baik dan bathil, serta identik dengan pelaksanaan secara massal. Barong sendiri melambangkan kebaikan, sementara simbol kebathilan atau kejahatan menggunakan sosok yang disebut Rangdha.

  • Reog Ponorogo

Beralih ke tarian dari daerah lainnya, Reog Ponorogo adalah salah satu budaya Indonesia asli yang dikenal luas di seluruh dunia. Tarian yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur ini mengharuskan pemain utamanya mengenakan topeng Reog dengan berat hingga 50 kg. Dalam pementasannya, Reog sering mengeksplorasi cerita atau adegan yang bervariasi dengan tetap bertahan pada gerakan mengayun-ayunkan kepala Reog.

  • Sendratari Ramayana

Sesuai dengan namanya, Sendratari Ramayana menggabungkan konsep tari dan pertunjukkan drama tanpa dialog. Pertunjukannya didasarkan pada kisah pewayangan Ramayana khas Indonesia. Sejak dulu, sendratari ini sering kali dipentaskan di kawasan Candi Prambanan di Yogyakarta. Kegiatan ini menarik minat wisatawan lokal hingga asing karena keindahan tariannya, sekaligus panorama terbuka di sekitar candi.

  • Batik

Siapa yang tak kenal batik? Bahkan, orang luar negeri sering mengenakan batik setiap kali terdapat kesempatan yang berhubungan dengan Indonesia, sebagai bentuk penghargaan dan eratnya kebudayaan ini dengan negara kita. Batik memang kerap hanya dikenakan di acara formal, tetapi batik juga telah menjadi fashion item yang dapat dikenakan siapa saja, kapan saja dan dimana saja di zaman sekarang. Batik adalah kain bermotif yang dihasilkan dengan cara melukiskan lilin panas pada sebuah kain dengan alat yang disebut canting. Tidak berhenti pada kegemaran untuk memakainya, banyak orang yang menggemari kegiatan belajar membatik pula.

Itulah 10 budaya Indonesia yang tidak hanya dikenal luas di seluruh penjuru negeri, tetapi memiliki nama hingga seluruh dunia. Sebagai pemilik budaya-budaya tersebut, serta ragam budaya lainnya, baiknya kita selalu menjaga dan melestarikannya agar eksistensinya tetap ada di sekitar kita hingga kapan pun, baik di negara sendiri maupun dipresentasikan hingga ke luar negeri.