Serba-Serbi Dunia Perkuliahan

Spread the love

Walaupun kita tahu jika Gerakan Wajib Belajar hanya 12 tahun hingga akhir masa SMA atau SMK, namun rasanya mengenyam bangku perkuliahan saat ini sudah menjadi hal umum bagi banyak orang. Bagi yang beruntung, menuntut ilmu di kampus sudah menjadi suatu keharusan demi masa depan yang gemilang. Maka tak jarang kita lihat, banyak anak kelas 3 SMA yang berlomba ikut ujian masuk universitas dan merasa senang sekali jika diterima. Sering sekali pula mereka ingin cepat-cepat masuk kuliah karena merasa lebih enak dibandingkan sekolah biasa. Et, tunggu dulu. Apakah betul dunia kuliah seperti itu? Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai hal tersebut.

Hal yang Dirasakan Saat Berkuliah

Mungkin banyak anak SMA yang menggambarkan dunia perkuliahan semenyenangkan ftv ataupun sinetron. Tapi apakah benar? Berikut adalah beberapa hal yang tidak dirasakan saat sekolah namun saat berkuliah.

  1. Kebebasan ada di genggaman

Selama Anda berkuliah, Anda akan lebih bebas dibanding saat bersekolah. Di perkuliahan tidak ada peraturan yang mengekang seperti menggunakan seragam ataupun rambut rapi, sehingga Anda lebih bebas dalam berpakaian serta tidak perlu khawatir razia rambut. Selain itu, Anda juga dibebaskan dalam memilih kelas yang Anda ambil sehingga Anda sendiri yang menentukan mata kuliah apa saja yang Anda mau dan mau berapa lama berkuliah.

  1. Jam kuliah lebih sedikit

Jika dibandingkan dengan masa sekolah, jam perkuliahan rasanya lebih sedikit. Waktu bersekolah, Anda mungkin harus masuk dari jam 7 hingga 2 atau 3 siang selama 5 hari. Bandingkan dengan waktu kuliah. Kita anggap maksimal mahasiswa mengambil 24 SKS. Satu SKS biasanya memakan waktu 50 menit. Maka dalam seminggu total jamnya adalah 20 jam. Jika dibagi 5 hari, maka perkuliahan hanya memakan waktu 4 jam sehari. Jadi jangan heran jika dalam satu harinya hanya masuk satu kelas, atau bahkan libur.

  1. Libur lebih banyak

Jika selama bersekolah libur semester hanya 2 minggu saja, maka saat kuliah Anda akan merasa puas. Secara umum, libur semester kuliah memakan waktu satu hingga 2 bulan. Jadi waktu kalian untuk bersantai di rumah semakin banyak ya.

  1. Tugas menumpuk

Namun dibalik kesenangannya, ternyata ada juga hal yang tidak menyenangkannya. Salah satunya adalah tugas yang bejibun. Di setiap mata kuliah, pasti Anda akan menemui beragam tugas, mulai dari tugas artikel, presentasi, kerja kelompok, latihan soal, hingga laporan praktikum. Maka tak heran jika Anda temui mahasiswa yang kurang tidur karena harus lembur.

  1. Tanggung jawab lebih besar

Dibalik kebebasan yang luas, ada tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh mahasiswa. Meskipun bebas, namun mereka juga harus bisa mempertanggungjawabkan tugas, kewajiban serta waktu kuliahnya. Jangan sampai karena saking bebasnya, kuliah malah terabaikan sampai lama lulus.

  1. Menjadi anak kos

Dunia kuliah juga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya anak kos. Bagi kebanyakan perantau, ngekos menjadi suatu pilihan untuk menetap di sana. Suasana kos menjadi satu hal yang akan dikenang selama berkuliah. Selain bebas, ada pengalaman bertahan hidup secara mandiri selama kost. Mulai dari mencuci, makan, sampai mengurus kamar sendiri. Belum lagi harus bergulat dengan perasaan rindu akan kampung halaman semakin menjadikan kegiatan ngekos terasa drama.

Hal yang Harus Dimaksimalkan Selama Berkuliah

Berkuliah bukan hanya sekedar belajar di tempat jauh. Ada proses pencarian ilmu di sana yang harus dimaksimalkan secara baik. Agar Anda bisa berhasil di dunia kuliah, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Belajar dengan serius

Yang namanya kuliah jelas tujuan utamanya mencari ilmu. Pastikan Anda benar-benar belajar di sana. Usahakan IPK Anda tetap bagus sehingga bisa berguna di masa depan. Jangan sampai Anda terlalu sering mengulang kelas karena akan sangat disayangkan waktunya.

  1. Ikut organisasi

Meskipun belajar perlu, namun jangan kesampingkan kehidupan sosial Anda. Jangan terlalu apatis dan mulailah ikut beberapa organisasi yang ada di lingkungan kampus. Ada beragam organisasi yang bisa Anda ikuti dan ambil peranan di sana. Anda juga akan mendapatkan banyak benefit dari situ. Mulai dari hard skill dan soft skill, jaringan, pengalaman, serta pencapaian yang akan bermanfaat kelak.

  1. Ikut lomba yang ada

Menjadi mahasiswa yang berprestasi tentu menjadi idaman banyak orang. Jika ada kesempatan, cobalah untuk ikut serta dalam lomba tingkat universitas, nasional, ataupun internasional. Rajinlah mencari informasi tentang lomba yang Anda minati serta persiapkan diri secara matang. Jika menang, tentu Anda akan mengharumkan nama baik Anda serta kampus serta benefit lainnya.

  1. Ikut kegiatan internasional

Pastikan Anda juga ikut serta dalam beberapa kegiatan di tingkat mancanegara. Ada banyak sekali jenisnya, mulai dari konferensi, seminar, hingga pertukaran pelajar. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman, belajar budaya baru, serta menambah jejaring sosial Anda.

  1. Cari beasiswa

Selama berkuliah, ada banyak pihak yang menawarkan beasiswa untuk membantu mahasiswa. Anda bisa ikut serta dalam mencari beasiswa. Dengan mendapatkan beasiswa, Anda akan mendapat bantuan biaya untuk berkuliah. Selain itu, beberapa beasiswa juga memberikan pelatihan.

Itulah tadi beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui saat berkuliah. Dengan memahami hal tersebut, Anda tentu lebih siap dalam menghadapi dunia kuliah nanti bukan?