5 Tempat Wisata Terkenal di Indonesia

Spread the love

Seberapa jauhkah Anda berani untuk melakukan penjelajahan ke berbagai tempat wisata di Indonesia? Indonesia adalah negara kepulauan terbesar, maka tidak heran jika ia memiliki hamparan pulau, gugusan gunung, serta jajaran pantai yang semuanya indah.

10 Tempat Wisata Favorit di Indonesia

Berikut adalah 10 tempat paling terkenal di Indonesia yang sering dijadikan objek wisata favorit.

  • Pulau Komodo

Tempat wisata ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986 silam. Tempat ini juga berhasil masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia pada tahun 2011. Pulau ini adalah satu-satunya habitat terbesar dari binatang yang dilindungi pula. Adalah Pulau Komodo, yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk berwisata baik bagi warga lokal maupun asing.

Tidak hanya karena adanya komodo di salah satu pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini, Pulau Komodo juga menyajikan keindahan daratan dan di bawah laut yang tak terelakkan. Di pulau ini, wisatawan dapat melakukan tur mengelilingi tempat penangkaran komodo, trekking, hingga snorkeling. Pulau ini berlokasi di Nusa Tenggara Timur.

  • Gili Trawangan

Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki Trio Gili dengan Gili Trawangan menjadi andalannya. Ketiganya memiliki keindahan pantai yang mampu menarik perhatian baik turis domestik maupun mancanegara. Secara khusus, Gili Trawangan memiliki ukuran yang besar dan menawarkan lebih banyak atraksi pada turis, mulai dari pantainya itu sendiri hingga tempat hiburan modern.

Untuk pengalaman menjelajahi pulau, para turis dapat menyewa sepeda atau kendaraan semacam delman. Di kawasan pantainya, mereka bisa berjemur dan menikmati sajian pasir pantai yang cantik. Lebih lanjut, turis juga dapat memperoleh pengalaman tak terlupakan dengan melakukan snorkeling.

  • Raja Ampat

Raja Ampat, yang berlokasi di bagian ujung Papua, mulai sering menjadi bahan perbincangan berkat kekayaan alam bawah lautnya. Hal ini bukan sesuatu yang biasa. The Nature Conservancy telah menyebutkan bahwa tidak kurang dari 75% biota laut dunia berlokasi di perairan ini. Perairannya juga disebut menjadi salah satu lokasi snorkeling terbaik di dunia.

Selain daya tarik kehidupan bawah lautnya, jajaran pulau-pulaunya juga patut diacungi jempol. Sempatkan untuk berjalan-jalan, serta lakukan kegiatan-kegiatan seru lainnya seperti trekking dan berbelanja di tempat yang ramai pula akan warga lokalnya. Sebagai referensi, waktu terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah pada bulan Oktober hingga November.

  • Candi Borobudur

Satu lagi tempat wisata Indonesia yang berhasil ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, tepatnya pada tahun 1991. Adalah Candi Borobudur, kompleks candi Buddha di Jawa Tengah terbesar di dunia. Borobudur memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha, serta satu stupa induk di puncak candi. Dengan panoramanya yang unik, wisatawan dapat menyaksikan ritual khusus setiap merayakan Waisak, dimana umat Buddha dari seluruh dunia akan berkumpul di sini dan menjalani kegiatan keagamaan, hingga melepaskan lampion sebagai simbol pengharapan.

  • Dieng Plateau

Beralih ke dataran tinggi, Dieng Plateau di Jawa Tengah tidak kalah menjadi tujuan favorit banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama yang menyukai pemandangan dari atas awan. Dengan ketinggian 2.000 mdpl, Dieng juga adalah sebuah kaldera yang memiliki deretan gunung aktif di sekelilingnya. Udara di Dataran Tinggi Dieng sangat dining, dan perjuangan untuk dapat mencapai puncaknya cukup menantang. Di sisi lain, wisatawan tetap dapat menemukan spot cantik di kakinya, seperti Bukit Sikunir, Kawah Sikidang dan Candradimuka, serta Telaga Tiga Warna.

  • Bali

Siapa yang tak kenal Bali? Tempat wisata yang menjadi primadona Indonesia ini harus masuk menjadi daftar tempat paling terkenal. Bali mampu menyajikan berbagai atraksi yang digemari turis dari berbagai asal dan kalangan. Bali memiliki pantai, pura yang tak jarang menjadi lokasi ritual keagamaan dan pertunjukan sendratari, hingga tempat perbelanjaan dan bar. Tempat yang dikenal juga dengan sebutan Pulau Dewata ini membuktikan bahwa aspek alam dan tradisional masih mampu menarik perhatian, bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia.

Indonesia adalah juaranya untuk pilihan tempat wisata yang tak terhingga jenis dan atraksinya. Siapkah untuk menjelajah tempat-tempat terkenal di negeri kita ini?